Merpati Airlines History

MERPATI KU…..

Papua bagaikan penggalan surga yang jatuh ke bumi Indonesia. Hutan belantara yang masih perawan serta kekayaaan alam yang melimpah mampu menghipnotis mata investor saat ini. Tidak terkecuali operator swasta untuk menerbangi wilayah tersebut. Bahkan di era tahun 90-an Merpati tercatat menguasai hampir seluruh destinasi lapangan terbang desa tercencil di Papua.

Jauh sebelum kemerdekaan, NV De Kroonduif perusahaan penerbangan Belanda pernah mengoperasikan 6 buah pesawat DC-3 dan 2 buah pesawat Twin Pioneer serta sebuah pesawat Beaver di tanah Irian Jaya (sekarang Papua). Seirama perkembangan zaman semua aset asing itu akhirnya beralih dan jatuh ke tangan Merpati pada tahun 1963. Pesawat tersebut diterima Merpati melalui perusahaan penerbangan Garuda Indonesia. Karena Garuda waktu itu harus konsentrasi penuh sebagai flag carrier.

Pesawat Ampibi Jenis Otter yang bisa mendarat di landasan keras dan periaran sempat menjadi primadona di penerbangan Kalimantan

Pesawat Ampibi Jenis Otter yang bisa mendarat di landasan keras dan periaran sempat menjadi primadona di penerbangan Kalimantan
Perjalanan Merpati dimulai dari pengoperasian aset Milik AURI (sekarang TNI AU) pada tahun 1962. Merpati saat itu mengoperasikan 4 pesawat de Haviland Otter DHC-3, dan 2 dakota. tugas pertamanya adalah menghubungkan Jakarta dengan Banjarmasin, Pangkalanbun, Sampit serta Pontianak. Beberapa pesawat tambahan seperti pesawat Dornier DO-28 sempat memperkuat jajaran armada MZ di tahun 1966. Begitu juga dengan pesawat Pilatus Porter PC-6 HS748 pernah mengisi lembaran besarnya kerajaan Merpati waktu. Total pesawat yang dioperasikan hingga mencapai 15 buah pesawat.

Para leluhur Merpati jauh – jauh hari telah menerapkan semangat NKRI untuk keutuhan wilayah nusantara.
Tahun 1971 Pemerintah menaruh kepercayaan kepada Merpati, dan berdasarkan Peraturan Pemerintah No.70 status Merpati dialihkan dari perusahaan negara (PN) menjadi Persero yakni PT.Merpati Nusantara Airlines, sehingga memberi kesempatan yang lebih baik kepada merpati untuk menerapkan program-programnya. termasuk membangun pusat fasilitas perawatan pesawat di Manado dan hanggar perbaikan di Ujung Pandang.

Para leluhur Merpati jauh - jauh hari telah menerapkan semangat NKRI untuk keutuhan wilayah nusantara.

di Tahun 1978 nama Merpati sempat menggema di bandara Los Angles dan bandara Jedah untuk penerbangan haji
Tahun 1975 hingga 1977 Merpati melancarkan operasi dalam skala besar dengan mengambil bagian dalam penerbangan haji dan penerbangan transmigrasi. Tahun 1976 Merpati membantu pengembangan pariwisata dengan melakukan penerbangan borongan internasional. seperti Manila Denpasar, Los Angles -Denpasar menggunakan Boeing 707. Karena sesuatu hal kedua rute tersebut dihentikan pada tahun 1978 bersamaan dengan pemindahan penguasaan modal Merpati ke Garuda melalui PP No.30 tahun 1978.
Peraturan Pemerintah tersebut mengharuskan Merpati melaksanakan tugas antara lain Melayani penerbangan perintis, menerbangi penerbangan lintas batas, menerbangi penerbangan transmigrasi, melayani penerbangan borongan domestik dan internasional. dan melakukan kegiatan lain yang ditentuka noleh Rapat Umum Pemegang Saham.

di Tahun 1978 nama Merpati sempat menggema di bandara Los Angles dan bandara Jedah untuk penerbangan haji

Tahun 1989 dapat disebut sebagai tonggak Tonggak bersejarah dalam perkembangan Merpati. Diserahkannya rute domestik dari Garuda Indonesia ke Merpati kecuali rute khusus yang berkaitan dengan rute internasional Garuda. Termasuk didalamnya pengalihoperasian 2 pesawat DC-9, 6 pesawat Fokker F-28 seri 3000, 9 pesawat fokker F-28 seri 4000 pada tahun 1990. Kerjasama GA-MZ ini berlanjut pada tahap kedua dengan tambahan 1 pesawat DC-9 dan 6 pesawat Fokker F-28 seri 4000. dan Kerjasama tahap 3 tahun 1991 tambahan lagi 6 pesawat DC-9 dan 7 pesawat Fokker F-28 seri 4000.

Merpati doloe

Dengan banyaknya armada hingga 100 buah yang dioperasikan Merpati di tahun 1991, maka dibangunlah pusat perawatan pesawat Merpati MMF (merpati Maintenance Facility) di bandara Juanda Surabaya. Peresmiannya bertepatan pada hari ulang tahun Merpati yang ke 29 oleh Menteri Perhubungan IR. Azwar Annas.Selanjutnya karena kebutuhan pegawai yang spesifik di bidang penerbangan pada tahun 1995 dibangunlah MTC (Merpati Trainning Centre) bersebelahan dengan hanggar MMF Surabaya .
Persaingan bisnis tranportasi Udara semakin pesat, tahun 1997 Merpati akhirnya menjadi Badan Usaha yang Mandiri terpisah dari induknya Garuda Indonesia. Selang beberapa tahun kemudian muncul krisis ekonomi yang meluluh lantakan bisnis Merpati. lambat namun pasti satu persatu pesawat Merpati tidak berperasi dan menjadi hiasan di depan hanggar MMF Surabaya.
Setelah ekonomi membaik, tahun 2004 merpati mulai membenahi bisnis intinya dengan menerapkan system ERP-SAP guna efisiensi back office administration. Dan tahun 2004 dibentuklah MCS (Merpati Commuter Services) untuk memanfaatkan peluang bisnis dengan Pemerintah Daerah. Dan pada tahun itu juga dimulainya pembentukan Sales Outlet Depok dan Bogor untuk membantu penjualan tiket. Sejarah juga mencatat pada tahun 2004 Merpati pernah melayani penerbangan Kepresidenan President Megawati dan SBY .
Itulah sekelumit sejarah penerbangan Merpati mulai dari awal hibah pesawat TNI AU dan dari penerbangan Belanda NV de kronduif hingga masuk ke proses perbaikan perusahaan oleh Tim Restrukturisasi Pemerintah..
Kedepannya adalah tugas berat yang harus dipikul oleh kita bersama. Tidak hanya kecerdesan emosional dan spiritual serta pengalaman yang mumpuni yang dimiliki, faktor lain yang tak terkendali adalah persaingan usaha transportasi yang semakin liar.
Namun pekerjaan mengantarkan saudara kita menjelajah langit biru dan terbang di celah-celah tebing/perbukitan di Papua adalah tugas suci yang harus kita banggakan dan arungi bersama. Semoga tahun ini adalah awal baru Merpati untuk memulai hidup dengan lebih baik lagi.
Mari kita bersatu dan berdoa untuk tujuan mulia yaitu bangun kejayaan Merpati dimulai dari wilayah Papua, atau menjadi perusahaan penerbangan yang dicintai oleh pelanggannya.

Pastikan Merpati pilihan Anda…

**sumber HUT Merpati ke-48 (DH) by KULDM (FT)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s